Berita

2013-08-24 by:kapten

Linggarjati Cyber History Masterpiece Telkom untuk Indonesia

image

Linggarjati merupakan salah satu tempat yang termasuk dan memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Melalui perundingan Linggarjati tepat tanggal 25 Maret 1947 secara de facto  Belanda mengakui Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan meliputi Sumatera, Jawa dan Madura. Tidak berlebihan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-68, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) ingin memberikan mahakarya untuk bangsa Indonesia melalui pengembangan dan kontribusi ICT (Information and Communication Technology). Linggarjati Cyber History adalah salah satu masterpice atau mahakarya Telkom untuk Indonesia yang mengangkat situs sejarah Indonesia ke dunia tanpa batas. Dimana seluruh masyarakat dunia dapat mengetahui keberadaan Linggarjati sebagai salah satu tempat sejarah terpenting bagi bangsa Indonesia.

 

Mahakarya adalah hasil tertinggi karya yang dibuat manusia ataupun ciptaan Tuhan yang sudah melalui proses panjang. Mahakarya memiliki nilai historis, edukasi, dan kegunaan yang tinggi, sehingga masih bermanfaat dan bisa memberi inspirasi bagi generasi berikutnya untuk menjaga bahkan menciptakan karya yang lebih baik. Diharapkan kontribusi telkom mampu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Ada tiga mahakarya yang dipersembahkan telkom untuk bangsa di HUT RI yang ke-68, yakni (1) Telkomsel Mobile Grapari menyediakan layanan solusi mobile satu pintu untuk bangsa Indonesia yang berada di wilayah terjauh dan terpencil dengan membangun 269 lokasi melalui mobile customer interactive; (2) Indonesia Digital Network adalah pengembangan infrastruktur true broadband Telkom secara end to end user; dan (3) International Expantion adalah masterpiece ekspansi nilai bisnis dan beroperasi di 4 negara, yaitu Singapura, Hong Kong, Timor Leste dan Australia.

 

Linggarjati Cyber History adalah bagian masterpice Indonesia Digital Network yang telah diwujudkan dalam bentuk pembuatan website yang menyediakan informasi sejarah perundingan Linggarjati yang dapat diakses secara online melalui www.linggarjaticyberhistory.com didukung oleh pembangunan infrastruktur High Speed Broadband Access melalui jaringan serat optik di area Musium Perundingan Linggarjati, fasilitas hotspot area melalui WiFi di empat titik dan fasilitas live streaming melalui CCTV Camera di enam titik yang dapat diakses langsung melalui internet. Juga tak kalah pentingnya adalah pembangunan Desa Broadband dengan High Speed Broadband Access melalui jaringan serat optik di empat desa sekitar Linggarjati, yakni desa Linggasana, desa Linggarjati, desa Linggamekar dan desa Setianegara.

 

Bertepatan dengan peringatan HUT Republik Indonesia ke-68, Sabtu 17 Agustus 2013 telah dilakukan serah terima Linggarjati Cyber History dan Desa Broadband dari PT Telkom Indonesia, Tbk melalui Kantor Daerah Telkom Kuningan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan. Hadir dalam acara serah terima tersebut seluruh jajaran pejabat telkom kakandatel Kuningan dan dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Kuningan yang dimulai tepat pukul 12.30 waktu setempat. Secara simbolis serah terima tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Artikel Terkait